Profil OSIS XLIX SMAN 11 Bandung

Pengurus OSIS XLVIII & XLIX dalam kegiatan serah terima jabatan.

Hingga saat ini, OSIS SMAN 11 Bandung telah berdiri selama 49 tahun. Hampir setengah abad SMAN 11 Bandung membangun para calon pemimpin bangsa melalui pendidikan Organisasi Siswa Intra Sekolah. Dengan ini, kami mengundang anda untuk mengenal OSIS SMAN 11 Bandung lebih dalam melalui laman web OSIS sebagai upaya dalam mendayagunakan sarana teknologi agar dapat lebih mudah diakses oleh semua kalangan.

Pendahuluan

OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah memiliki beberapa pengertian, diantaranya:

  1. Secara sistematis, dalam Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 226/C/Kep/0/1992 disebutkan bahwa organisasi kesiswaan di sekolah adalah OSIS.
  2. Secara fungsional, OSIS merupakan salah satu dari jalur pembinaan kesiswaan.
  3. Secara organis, OSIS adalah satu-satunya wadah organisasi yang sah di sekolah. Oleh karena itu, setiap sekolah memiliki kewajiban untuk membentuk OSIS secara mandiri dan tidak bergantung atau terikat pada organisasi sekolah lain.
  4. Secara sistematik, OSIS merupakan tempat siswa berkelompok yang berkerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Di dalamnya, terdapat koordinasi sebagai upaya dalam meraih suatu tujuan.

Dengan kata lain, OSIS memiliki tujuan sebagai sarana pemerintah untuk membina para siswa agar menjadi penerus perjuangan bangsa. OSIS merupakan salah satu cara pembinaan siswa yang digelar secara nasional.

OSIS SMA Negeri 11 Bandung merupakan wadah yang menaungi kegiatan dan program terkait siswa-siswi sesuai dengan visi dan misi sekolah. Dalam aktualisasinya, OSIS SMA Negeri 11 Bandung bersama pihak kesiswaan sekolah telah menyusun rangkaian kegiatan yang menunjang pengembangan dan pembelajaran siswa-siswi SMA Negeri 11 Bandung dan juga sebagai sarana membentuk karakter Pengurus OSIS dan siswa-siswi sesuai yang selaras dengan misi sekolah. Seluruh Program Kerja OSIS SMA Negeri 11 Bandung berpegang teguh pada asas kekeluargaan dan juga Visi Misi SMA Negeri 11 Bandung. Sehingga, menciptakan tempat bagi seluruh pengurus dan siswa-siswi dalam mengembangkan potensinya.

Identitas OSIS XLIX

Logo Pengurus OSIS Angkatan XLIX SMAN 11 Bandung

Logo dan identitas OSIS XLIX dapat diindetifikasi sebagai berikut:

  • Jam Pasir — Dalam waktu yang singkat, XLIX berusaha untuk menghadirkan hasil yang maksimal hingga butir pasir yang terakhir.
  • Lambang Infinity — Walaupun ada dalam batasan waktu, kami berharap kegiatan yang telah kami lakukan dapat memberikan ilmu yang bermanfaat dan dapat selalu dikenang. Tanpa batas, tanpa ujung.
  • Dua Panah — Kedua panah yang menunjukan titik tengah melambangkan efektivitas, ketepatan target, juga kefokusan Pengurus OSIS XLIX dalam menjalankan tugas.
  • Jendela — Sebagai digit terakhir dalam deretan angka 40-an, OSIS XLIX dapat membuka berbagai kesempatan bagi angkatan selanjutnya untuk membawa nama SMA Negeri 11 Bandung ke arah yang lebih baik.
  • Warna Biru — Melambangkan kepercayaan, kesetiaan, ketulusan, kebijaksanaan, kepercayaan, stabilitas, dan kecerdasan.

Struktur Kepengurusan OSIS XLIX

Badan Pengurus Umum
Ketua Umum : Ghifar Ahmad Darda
Wakil Ketua Umum             : Putri Latiefa Rachma
Sekretaris Umum                 : Raden Ayu Shofia Mardlotillah Safitri
Wakil Sekretaris Umum     : Shabrina Nurul Husni
Bendahara Umum              : Rafa Nasywa Adrienne Kusnadi
Wakil Bendahara Umum   : Irham Habibillah Sujudi

Sekbid 1 Ketuhanan Yang Maha Esa
K. Sekbid                                : Gery Rizky Martanegara
Sub. Seksi Islam                   : Adam Aliva Putra Ramadian
Sub. Seksi Non Islam           : Ebygel Septiana Surbakti

Sekbid 2 Budi Pekerti Luhur dan Akhlak Mulia
K. Sekbid                                  : AlKahfi Putra Achdiat
Sub. Seksi Dana Sosial & K3   : Rayhan Ahmad Fadhlan

Sekbid 3 Bela Negara dan Wawasan Umum
K. Sekbid                           : Syeira Dewinta Sukamto
Sub. Seksi Upacara         : Nasywa Salsabila
Sub. Seksi Paskibra         : Theresyana Oktavia Situmorang
Sub. Seksi Pramuka        : Erik Septian Ilham

Sekbid 4 Pembinaan Prestasi Akademik, Seni, dan atau Olahraga Sesuai Minat Bakat
K. Sekbid                             : Made Galang Swadarma Putra
Sub. Seksi Bela Diri            : Kevin Fitio
Sub. Seksi Paduan Suara   : Kireihana Sofia Irfan
Sub. Seksi Bola Kecil          : Ivan Adrian
Sub. Seksi Bola Besar       : Faris Muhammad Zakky
Sub. Seksi O2SN & Sains    : Nabila Nursyifa
Sub. Seksi Drama & Tari    : Nabila Siti Nursya’bani

Sekbid 5 Pembinaan Demokrasi, Hak Asasi Manusia, Pendidikan Politik, dan Lingkungan Hidup
K. Sekbid                               : Muhamad Toriq
Sub. Seksi Pecinta Alam    : Anisa Sunjaya
Sub. Seksi Debat                : Nadira Ayu Maharani

Sekbid 6 Pembinaan Kreativitas, Keterampilan, dan Kewirausahaan
K. Sekbid                                   : Azigah Nasywa Alfiansyah
Sub. Seksi Pendanaan            : Adrian Nawfal Darmaza
Sub. Seksi Kewirausahaan    : Alishadena Chandrani Noor Riva H

Sekbid 7 Pembinaan Jasmani, Kesehatan, dan Gizi Seimbang yang Berbasis Sumber Gizi yang Terimpersitivikasi
K. Sekbid                                       : Merita Nurhaliza
Sub. Seksi Kesehatan Sekolah  : Shafira Tricantika

Sekbid 8 Pembinaan Sastra dan Budaya
K. Sekbid                                   : Muhammad Baharudin Yusup
Sub. Seksi Bahasa Daerah     : Qisthina Gisella Gaisani Syah

Sekbid 9 Teknologi, Informasi, dan Komunikasi
K. Sekbid                           : Muhammad Abdurrahman
Sub. Seksi TLC                  : Muhammad Iqbal Herdiana
Sub. Seksi Jurnalistik      : Muhammad Tsalsa Syachrevy

Sekbid 10 Pembinaan Komunikasi dalam Bahasa Asing
K. Sekbid                              : Mega Samicha Tiyere Situmorang
Sub. Seksi Bahasa Asing   : Umar Abdurrahman

Program Kerja OSIS

  1. Jangka Panjang
  • Dana Sosial

Merupakan bentuk kepedulian warga SMA Negeri 11 Bandung kepada warga SMA Negeri 11 Bandung yang ditinggalkan oleh salah satu anggota keluarganya. Kegiatan ini berupa pengumpulan dana dari siswa-siswi SMA Negeri 11 Bandung secara rutin satu minggu sekali dan kemudian disalurkan kepada keluarga yang bersangkutan.

  • Jaringan Komunikasi

Merupakan kegiatan pertemuan rutin Pengurus OSIS SMA Negeri 11 Bandung yang bertujuan untuk meningkatkan rasa kekeluargaan antarpengurus. Kegiatan ini membahas mengenai program kerja maupun kepengurusan OSIS.

  • Rapat Koordinasi

Merupakan rapat yang dihadiri oleh Pengurus OSIS Angkatan XLIX dan perwakilan ekstrakurikuler. Rapat ini bertujuan untuk menyatukan pikiran dan visi, penyusunan perencanaan kegiatan, dan juga mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan.

  • Principal Reading Challenge

Merupakan salah satu program jangka panjang sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa-siswi SMA Negeri 11 Bandung. Pada kegiatan ini, siswa-siswi SMA Negeri 11 Bandung akan membuat dan mengumpulkan resume dari buku literasinya. Pengumpulan resume ini akan berhadiah satu pin sebagai tanda keikutsertaan.

  • Latihan Fisik

Kegiatan ini diadakan guna meningkatkan solidaritas antarpengurus OSIS juga membangun fisik yang kuat pada setiap pengurus.

  • Eleven Guardian

Merupakan kegiatan pengecekan rutin terhadap ketertiban dan kedisiplinan siswa-siswi SMA Negeri 11 Bandung terutama dalam berseragam sesuai dengan aturan yang berlaku. Pada kegiatan ini, setiap kelas diwajibkan membuat tim internal masing-masing yang bertugas khusus dalam hal tersebut.

02. Jangka Pendek

  • LAK (Lomba Aktivitas Kreativitas)

Merupakan apresiasi seni dan kreativitas siswa-siswi SMA Negeri 11 Bandung. Kegiatan ini disajikan dalam bentuk perlombaan dengan puncak kegiatan yang dirangkai dalam sebuah pentas seni internal maupun eksternal. Kegiatan LAK dibagi menjadi dua bagian, yaitu Pra-Event LAK dan Main Event LAK.

  • Eleven Games

Merupakan pertandingan internal baik dalam bidang olahraga dan kreativitas. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan setelah Penilaian Akhir Semester Ganjil.

  • Rapat Pleno

Adalah rapat dengan tujuan menyusun dan mendiskusikan program kerja yang akan dilaksanakan selama masa bakti kepengurusan. Kegiatan ini dihadiri oleh Pengurus OSIS dan perwakilan ekstrakurikuler.

  • Konsolidasi

Merupakan kegiatan yang melibatkan Pengurus OSIS XLIX bersama alumni Pengurus OSIS untuk saling bertukar pikiran mengenai program kerja yang akan dilaksanakan. Kegiatan ini juga dijadikan sebagai ajang silaturahmi Pengurus OSIS yang menjabat dengan Pengurus OSIS sebelumnya.

  • Headmaster Cup XIII

Merupakan pertandingan futsal antarkelas yang memperebutkan piala bergilir kepala sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rentang waktu yang cukup panjang yaitu berkisar 1 bulan.

  • Seminar Kewirausahaan

Merupakan seminar mengenai materi dasar kewirausahaan. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat siswa dan siswi SMA Negeri 11 Bandung dalam berwirausaha. Kegiatan ini akan diselenggerakan secara online dan dapat diikuti oleh seluruh siswa serta siswi SMA Negeri 11 Bandung.

  • Bakti Sosial Ramadhan

Merupakan kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh seluruh warga SMA Negeri 11 Bandung dan dilaksanakan selama bulan Ramadhan. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap empati dan rasa saling tolong-menolong di SMA Negeri 11 Bandung.

  • MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah)

Kegiatan MPLS dilaksanakan setiap pergantian tahun ajaran dalam rangka menyambut siswa-siswi baru. Pada kegiatan ini, Pengurus OSIS bekerja sama dengan pihak sekolah untuk memperkenalkan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru secara moril maupun materil serta proses pendewasaan dan adaptasi sosial guna menyesuaikan perubahan sikap dari jenjang SMP menuju SMA.

  • EleveNusantara

Merupakan kegiatan dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk perlombaan yang bertemakan kemerdekaan dan dapat diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMA Negeri 11 Bandung.

  • Latihan Kepemimpinan (LAPIN)

Merupakan salah satu Program Kerja Pengurus OSIS yang bertujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan dan kemampuan calon pengurus OSIS SMA Negeri 11 Bandung. Kegiatan ini diawali dengan seleksi Pengurus OSIS melalui beberapa tahap. Setelah seluruh tahap berhasil dilewati, maka calon Pengurus OSIS yang baru akan dihadapkan dengan tahap puncak seleksi yaitu LAPIN.

Ekstrakurikuler

OSIS merupakan wadah dan sarana dalam mengembangkan potensi dan pembinaan  siswa-siswi SMA Negeri 11 Bandung. Oleh karena itu, OSIS dan ekstrakurikuler memiliki suatu keterikatan. Dalam aktualisasinya, OSIS menaungi ekstrakurikuler sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Sekbid 1 (Ketuhanan Yang Maha Esa)
– Karib (Keluarga Remaja Islam Bahrul Uluum)
Sekbid 2 (Budi Pekerti Luhur dan Akhlak Mulia)
– Sekbid 3 (Bela Negara dan Wawasan Umum)
– Paskibra
– Pramuka
Sekbid 4 (Pembinaan Prestasi Akademik, Seni, dan atau Olahraga Sesuai Minat Bakat)
– Lanterha
– Paduan Suara (Elevoice)
– Simponi
– Bulu Tangkis
Softball & Baseball
– 
Basket (Eleven Basketball Development)
– Futsal (Eleven Football Club/EFC)
– EAST (Eleven Ambassador Science and Technology)
– Seni Tari Tradisional (Eleven Traditional Dance/Eltrada)
– Seni Tari Modern (Modern Dance/Drizzling)
– Teater Nuansa
Sekbid 5 (Pembinaan Demokrasi, Hak Asasi Manusia, Pendidikan Politik, dan Lingkungan Hidup)
– Himsipal (Himpunan Siswa Pencinta Alam)
– Debat (Forum Debat Sebelas/Fordelas)
Sekbid 6 (Pembinaan Kreativitas, Keterampilan, dan Kewirausahaan)
– Elecra (Eleven Creative Ambassador)
– Koperasi Siswa
Sekbid 7 (Pembinaan Jasmani, Kesehatan, dan Gizi Seimbang yang Berbasis Sumber Gizi yang Terimpersitivikasi)
– PMR (Palang Merah Remaja)
Sekbid 8 (Pembinaan Sastra dan Budaya)
– Angklung (Pajuang Sawelas)
Sekbid 9 (Teknologi, Informasi, dan Komunikasi)
– TLC (Technology Lovers Community)
– Jurasic (Jurnalistik, Fotografi, dan Cinematografi)
– Mading (Eleven News)
Sekbid 10 (Pembinaan Komunikasi dalam Bahasa Asing)
Japanese Club (JC)
Korean Club (KC)
Eleven English Club (EEC)

Leave a Reply

Your email address will not be published.