Sesi2 : Rencana Karir Ku

Home / Bimbingan Konseling / Sesi2 : Rencana Karir Ku

[ Beranda ]  [ Sesi 1 ]  [ Sesi 2 ]  [ Sesi 3 ]  [ Sesi 4 ]  [ Sesi 5 ]  [ Sesi 6 ]

Sesi kedua ini, berfokus pada bagaimana membuat rencana pilihan karir yang tepat. Dalam membuat rencana karir ada beberapa hal yang perlu diperhatkan. Karena keterampilan membuat pilihan bukanlah kemampuan bawaan tetapi kemampuan yang harus dikembangkan. Salah satunya adalah dalam hal membuat keputusan. Keputusan karir adalah proses menentukan pilihan terhadap berbagai alternatif pilihan yang ada. Keputusan karir yang tengah anda hadapi saat ini adalah penetuan karir setelah anda lulus sekolah. Pilihan yang bisa anda lakukan setelah lulus SMA adalah melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau memasuki dunia kerja. Dalam membuat keputusan karir kita harus mempertimbangkannya secara matang supaya keputusan yang kita ambil merupakan keputusan yang tepat.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam membuat keputusan karir :

1.        Mendefinisikan atau Menstrukturkan Keputusan.

Pada tahap harus ada kejelasan mengenai apa yang akan anda putuskan. Misalnya yang akan anda putuskan adalah memilih bekerja atau melanjutkan pendidikan setalah lulus sekolah.

2.        Mengidentifikasi aspek-aspek yang relevan.

Pada tahap ini masalah yang akan diputuskan sudah jelas, selanjutkan dilanjutkan dengan mengidentifikasi aspek-aspek yang berkaiatan dengan masalah. Misalnya anda memutuskan untuk bekerja setelah lulus sekolah maka aspek yang perlu anda identifikasi adalah pekerjaan apa yang sesuai dengan bakat, minat dan kepribadian yang anda miliki.

3.        Mengurutkan aspek-aspek penting.

Pada tahap ini tugas anda adalah mengurutkan aspek-aspek dalam menentukan sebuah keputusan. Misalnya dalam menentukan sebuah pekerjaan anda akan memilih pekerjaan sesuai dengan aspek minat, maka yang anda lakukan adalah mengurutkan pekerjaan tersebut dari mulai yang paling diminati sampai kurang anda minati.

2.        Mengidentifikasi aspek-aspek penting

Pada tahap ini adalah mengidentifikasi atau menelaah ulang jenis pilihan yang akan dijadikan pilihan. Misalnya anda telah mengurutkan beberapa jenis pekerjaan sesuai dengan pekerjaan anda maka selanjtnya anda mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan  dan konsekuensi apa yang akan anda terima jika memilih pekerjaan tersebut.

3.         Menghilangkan Alternatif pilihan yang tidak sesuai

Pada tahap ini anda berusaha menghilangkan alternatif pilihan yang tidak sesuai berdasarkan hasil identifikasi. Misalnya anda telah mengidentifikasi beberapa pekerjaan anda minati, anda menghilangkan salah satu pilihan pekerjaan yang anda minati karena anda telah mengetahui konsekuensi yang anda terima jika memilih pekerjaan tersebut.

4.         Menentukan Pilihan

Tahap ini merupakan tahap yang sangat penting, karena pada tahap ini anda harus menentukan  pilihan anda atau keputusan yang akan buat. Misalnya anda menentukan bekerja sebagai akuntan setelah anda lulus.

 

Meskipun anda lulus dari sekolah ini bukan hari esok, tetapi keputusan yang anda buat untuk masa depan anda dapat anda lakukan sekarang, tujuannya adalah agar anda dapat mempersiapkan diri guna memenuhi persyaratan atau keterampilan yang harus anda miliki yang dituntut oleh bidang pekerajaan atau perguruan tinggi. Selain itu hal ini juga dilakukan untuk menghindari kebingungan setelah anda lulus sekolah, dan berhasil mencapai cita-cita dalam kehidupan.

Oleh karena itu marilah kita buat keputusan karir selepas anda lulus sekolah.

Isi Form dibawah ini